Sebagai pecinta fashion, tentunya kita selalu ingin aware terhadap apapun yang terjadi di dunia mode, baik itu fashion item yang menjadi tren hingga isu-isu yang sedang happening. Tapi rasanya tidak sah jika kita hanya mengikuti perkembangan tanpa tahu istilah-istilah dibaliknya. So read more to upgrade your fashion knowledge!

 

Fashion Faux Pas

Kata “faux pas” sendiri dalam bahasa Perancis memiliki arti pelanggaran yang dilakukan melawan norma-norma social yang ada. Sedangkan “fashion faux pas” dapat diartikan ketika seseorang terjebak dalam situasi salah kostum, atau penampilannya tidak sesuai dengan dress code atau tren yang ada. Istilah ini dipopulerkan oleh Louis XIV, dimana pada saat pemerintahannya itu, dia senang menggelar pertunjukan tari.

 

Ready to Wear/Pret-a-Porter

Biasa disebut busana siap pakai dalam bahasa Indonesia. Istilah ini digunakan untuk menjelaskan koleksi suatu label yang diproduksi secara masal. Biasanya koleksi ini dibuat dengan ukuran standar (S, M, L, dll) dan tersedia di toko-toko dalam kuantitas yang banyak.

 

Haute Couture

Kebalikan dari ready to wear, istilah “haute couture” memiliki arti untuk menjelaskan lini cutom made yang khusus dibuat oleh seorang desainer untuk klien mereka. Gaun haute couture hanya akan dibuat berdasarkan pesanan dan dibuat sesuai ukuran pemesan.

 

The It Things

Istilah ini biasa digunakan untuk menjelaskan segala sesuatu yang sedang happening di dunia fashion. Mulai dari model, runway, desainer, sosialita, hingga material dan motif yang sedang tren.

 

Androgynous Style

Androgini dalam bahasa Indonesia memiliki arti sebuah gaya yang terinspirasi dari pakaian pria mulai dari siluet, material, hingga warna. Beberapa fashion item yang dapat digunakan untuk menciptakan tampilan androgini seperti oxford shoes, boyfriend jeans, hingga blazer.

 

Fashion Du Jour

Berasal dari bahasa Perancis yang berarti hari ini, istilah fashion du jour sering bermunculan di majalah fashion dan memiliki arti fashion hari ini atau juga bisa dianggap fashion terbaru yang sedang happening.

 

Glitterati

Istilah Glitterati biasanya diberikan sebagai sebutan untuk para selebriti, sosialita, dan fashionista, yang memiliki gaya fashion yang glamor, selalu mengikuti tren, dan mencuri perhatian orang.

 

Fashionista

Meskipun awalnya kata fashionista bermakna negatif, dimana menjelaskan seseorang yang gila belanja dan mengikuti semua tren tanpa memiliki personal style, namun kini istilah fashionista sudah mengalami pelebaran makna. Orang yang mendapatkan julukan fashionista justru membawa perubahan besar pada dunia fashion.

 

(sumber foto: The Sartorialist)

SHOP THE LOOK

Careen Short Sleeve
Rp 249.000

Careen Short Sleeve

L, M, S

Carla-White-Top-01
Rp 198.000

Carla White Top

L, M, S

maafushi-stripes-02flip
Rp 229.000

Maafushi Stripes

L, M, S